Senin, 15 Juli 2013

TAMAN WISATA ALAM KERANDANGAN

Menelusuri Taman Wisata Alam (TWA) Kerandangan

Ditulis oleh E.Ry

Terletak di Desa Senggigi Kecamatan Batu Layar Lombok Barat, ± 17

km dari kota Mataram, terdapat sebuah Taman Wisata Alam yang memiliki banyak ragam flora dan fauna serta pemandangan alam yang eksotik.

Di bagian tengah TWA Kerandangan, yang di kukuhkan berdasarkan SK. Menhut No. 494/Kpts-II/92 tanggal 1 Juni 1992 dan memiliki luas lahan 396,10 ha tersebut, mengalir sebuah sungai musim (debit air sungai tergantung pada musim) yang di sepanjang alirannya memiliki beberapa buah air terjun besar dan kecil.

Topografi TWA Kerandangan terletak pada ketinggian 10m s/d 600m dpl. Topografi secara umum merupakan daratan bergelombang 10 - 30 % dan berbukit 30 - 50 % dengan kemiringan tanah sangat curam hingga mencapai ±64,13 % luas kawasan.

TWA Kerandangan terletak pada 8º 20' 13" Lintang Utara - 8º 20' 15" Lintang Selatan, dan 116º 04' 00" Bujur Timur - 116º 04' 03", dengan karakteristik iklim tropis bersifat relatif tetap dengan suhu udara berkisar antara 24,4ºC - 27,8ºC. Rata-rata curah hujan perbulan adalah 125,2 mm.

Di lokasi tersebut terdapat dua buah air terjun, yaitu air terjun Goa Walet (dinamakan demikian karena di balik air terjun tersebut pernah di huni oleh burung walet) dan air terjun Putri Kembar (terdapat dua air terjun yang saling berhadapan). Air terjun Goa Walet dapat temukan setelah menempuh jarak 1 km (dengan berjalan kaki ±30 menit) dan Goa Putri Kembar berjarak 1,6 km dari Pos Jaga.

Yang paling menarik dari TWA Kerandangan selain hutannya yang lebat dan terjaga, adalah banyaknya spesies kupu-kupu yang terdapat di sana.
Infomasi yang kami dapatkan dari petugas yang berjaga di kawasan TWA Kerandangan, terdapat 40 spesies kupu-kupu yang terdapat di kawasan tersebut yang telah diidentifikasi. Hal ini sangat mengagumkan, karena terdapat sedemikian banyak spesies dari satu jenis fauna di kawasan yang relatif tidak terlalu luas (396 ha). Ini membuktikan bahwa di kawasan tersebut memang memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan kawasan lainnya.

Kesejukan udara dan kelestarian flora dan fauna serta pemandangan alam yang eksotik yang terdapat di kawasan TWA Kerandangan adalah layak untuk di jadikan tempat beristirahat dan berwisata setelah seminggu kita berada di tengah keramaian kota. Letaknya yang relatif dekat dari kota Mataram merupakan alternatif yang baik untuk di jadikan sebagai tempat mengisi hari libur.


(Sumber Informasi: Balai Konservasi Sumber Daya Alam Nusa Tenggara Barat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar